Sejarah Video Game

Video game telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita, baik sebagai media hiburan maupun sebagai industri bisnis yang menjanjikan. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah video game dari awal ditemukan hingga saat ini? Awal Mula Ditemukannya Video Game Video game pertama kali muncul pada tahun 1952, diciptakan oleh seorang profesor dari AS bernama Douglas.
Dia menciptakan permainan OXO, yang juga dikenal sebagai Tic Tac Toe, sebagai tesis untuk meraih gelar doktornya di Universitas Cambridge.

wikipedia.org

Kemudian, enam tahun kemudian, William Higinbotham menciptakan Tennis for Two di komputer analog berukuran besar yang terhubung dengan Oscilloscope Screen. Permainan ini didedikasikan untuk Annual Visitor’s Day yang diselenggarakan di Brookhaven National Laboratory, Upton, New York pada tahun 1958. 
Pada tahun 1962, muncul video game pertama yang bisa dimainkan di komputer, yaitu Spacewar. Game ini adalah game berbasis komputer pertama yang menyajikan pertempuran luar angkasa. Game ini diciptakan oleh Steve Russell dari Massachusetts Institute of Technology dan awalnya dimainkan pada komputer Programming Data Processor.

computerhistory.org

Munculnya Home Video Game Console
Tonggak sejarah berikutnya terjadi pada tahun 1967, ketika Ralph Baer dari Sanders Associates Inc, yang saat ini kita kenal sebagai Father of Video Game, menemukan sebuah prototipe multiplayer.
Prototipe ini adalah game dengan multi program yang bisa kita mainkan pada perangkat televisi. Prototipe tersebut dikenal sebagai 'The Brown Box’.
Ralph Baer kemudian melisensikan video gamenya ke Magnavox, yang kemudian dikomersilkan secara resmi dengan nama Odyssey. Odyssey adalah device video game pertama yang bisa dimainkan di rumah pada tahun 1972.
risamedia.com

gamehistory.org


Beberapa tahun kemudian, muncul pemain lain dalam industri ini, salah satunya adalah Atari’s Pong yang sebenarnya terinspirasi oleh salah satu dari 28 permainan yang ada pada Odyssey.
Sejak itu, video game telah mengalami banyak perubahan, mulai dari grafis yang hanya berupa garis dan titik, hingga sekarang yang menawarkan visual super realistis. Industri video game di Amerika Serikat sendiri menghasilkan penghasilan sebesar $100 miliar.
Di Jepang, video game menjadi bagian dari sendi-sendi tulang perekonomian negara mereka. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, video game kini tidak hanya dimainkan di komputer atau konsol, tetapi juga di smartphone dan tablet.
Dengan demikian, video game telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. (bbs/min)
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak